Thursday, December 15, 2011

PIALA DUNIA ANTARKLUB FIFA : BARCELONA SUSUL SANTOS KE FINAL

Adriano, pemecah kebuntuan Barcelona di Yokohama Stadion
Dalam laga semi final Piala Dunia Antarklub 2011 di Stadion Yokohama, Kamis (15/12/2011). Barcelona menang dengan empat gol tanpa balas usai mengalahkan klub asal Qatar, Al Sadd. Dengan demikian, Barcelona melangkah ke final dan akan menghadapi Santos.

Sejak peluit kick-off dibunyikan wasit, Barca langsung mendominasi penuh jalannya laga. Lionel Messi, David Villa dan Pedro Rodriguez yang diplot mengisi lini depan, langsung menebar ancaman ke jantung pertahanan Al Sadd. Berkali-kali aksi-aksi mereka membuat lini belakang Al-Sadd keteteran. Ini belum termasuk ancaman dari lini kedua Barca yang diisi Andres Iniesta dan Seydou Keita.

Akhirnya gol yang ditunggu-tunggu lahir juga, namun kali ini bukan karena skil dan juga kerja sama yang apik para pemain Barca, melainkan karena kesalahan koordinasi lini belakang Al Sadd.

Gol pertama Barca terjadi di menit ke-25 diawali oleh umpan silang Pedro Rodriguez ke kotak penalti Al Sadd. Bola jatuh di kaki bek Al Sadd dan kemudian diberikan kepada kiper Mohammed Saqr.
Sial bagi Saqr, ia melakukan blunder dalam kontrol bola sehingga Adriano dengan leluasa mudah menyambarnya dan bola pun masuk ke dalam gawang Al Sadd.

Sayangnya, keunggulan Barca ini harus dibayar mahal dengan cederanya David Villa. El Guaje harus ditarik keluar di menit 37 dan digantikan penyerang Alexis Sanchez.

Tertinggal gol, Al-Sadd cobe bermain terbuka. Namun, hal tersebut tidak berjalan lancar. Barca yang dengan mudah merebut kembali bola, memaksa Al Sadd lebih fokus menjaga area pertahanan ketimbang mencoba menyamakan kedudukan. Memasuki 30 menit laga, Barca masih terus memegang kendali permainan, sementara Al Sadd belum sekalipun menciptakan peluang.

Dua menit sebelum babak pertama selesai, Barca memperbesar keunggulan lewat gol kedua Adriano. Bek asal Brasil mencetak gol keduanya di pertandingan ini melalui sepakan terarah usai memanfaatkan umpan terobosan Thiago Alcantara. Barca pun kian nyaman dengan keunggulan 2-0. Gol dari Adriano tersebut menjadi gol penutup di babak pertama.

Di babak kedua, dominasi Barca makin menjadi. Menit ke-54, Barca mengeluarkan jurus mautnya, tiki-taka. Andres Iniesta, Alexis Sanchez dan Messi memperagakan kerjasama segitiga nan cantik yang diakhiri dengan liukan Messi melewati penjagaan tiga pemain Al Sadd. Sayang, proses kerja sama apik ini urung berbuah gol, lantaran tendangan mendatar Messi masih menyamping di sisi gawang.

Kembali sebuah peluang emas tercipta, sebuah tendangan bebas yang cukup cantik dari Lionel Messi, beruntung Mohammed Saqr masih mampu mementahkan peluang tersebut.

Tepat di menit ke-64, Lionel Messi, yang berada di depan kotak penalti, mengirimkan umpan terobosan ke sebelah kanannya. Seydou Keita berlari menyambut bola, menggiringnya sejenak, sebelum melepaskan sontekan yang tak bisa dihalau Saqr. Barca unggul 3-0.

Barca yang terus menekan, pesta kemenangan Barcelona akhirnya ditutup lewat gol pemain pengganti Maxwell di menit 81. Thiago Alcantara yang sukses memberikan assists bagi bek sayap asal Brasil ini. Skor 4-0 untuk keunggulan Barca ini bertahan hingga pertandingan usai.

Final antara Barcelona dan Santos akan digelar pada hari Minggu 18 Desember 2011 di Yokohama. Dua simbol akan bertarung, yakni Messi di kubu Barca dan Neymar di kubu Santos.

Susunan Pemain
Al Sadd: Mohamed Saqr, Abdulla Koni, Nadir Belhadj, Ibrahim Abdulmajed, Lee Jung Soo, Wesam Rizki Abdulmajid, Talal Albloushi (Al Yazidi, 62'), Mohammed Kasola, Mamadou Niang (Yusef Ali, 76'), Abdoul Kader Keita (Hasan Al Haydos, 84'), Khalfan Al Khalfan


Barcelona: Victor Valdes; Carles Puyol, Javier Mascherano, Eric Abidal (Maxwell, 66'); Thiago Alcantara, Seydou Keita, Andres Iniesta, Adriano Correia; Pedro Rodriguez, Lionel Messi, David Villa (Alexis Sanchez, 37'/Isaac Cuenca, 70')

No comments:

Post a Comment