Wednesday, January 18, 2012

Tank Leopard 2A6 yang mau dibeli Indonesia

Tank Leopard 2A6 adalah hasil pengembangan dari jenis tank sebelumnya yaitu tank Leopard 2A5. Saat ini, tank Leopard 2A6 merupakan tank tempur utama terbaik di dunia. Leopard 2A6 melebihi Abrams M1A2, Challenger 2 dan Leclerc dalam hal perlindungan, daya tembak dan mobilitas. Leopard 2A6 dan variannya saat ini telah digunakan untuk memperkuat armada militer Jerman, Kanada, Yunani, Belanda, Portugal dan Spanyol.

Leopard 2A6 dilindungi dengan lapis baja komposit generasi baru dan ruang dalam yang cukup besar. Dilengkapi dengan persenjataan yang lengkap, termasuk peledak blok baja reaktif . Interiornya dibuat khusus agar tahan getaran dan ledakan.

Leopard 2A6 dipersenjatai dengan 120-mm Rheinmetall smoothbore L55 pistol, yang lebih panjang dibanding L44 pada Leopard 2A5. Sehingga memiliki akurasi tembakan yang lebih baik dan daya jangkau yang lebih jauh. Perlu diketahui bahwa senjata L55 dapat dipasang pada setiap Leopard 2 MBT tanpa perubahan yang signifikan. Senjata ini dipasang secara manual dan kompatibel dengan amunisi standar NATO. Sebanyak 42 tembakan bisa dilakukan, 15 peluru yang siap untuk digunakan, sedangkan sisanya
disimpan di depan lambung.

Persenjataan sekunder terdiri dari dua senapan mesin 7,62 mm . Salah satunya adalah dengan coaxially yang dipasang meriam utama, sementara yang lain diposisikan di atas atap.

Tank ini dapat menampung 4 awak, termasuk komandan, penembak, loader dan sopir.

Leopard 2A6 didukung oleh mesin diesel MTU turbocharged, memiliki 1500 tenaga kuda. Dapat digunakan di segala medan darat, kinerjanya hampir sama dengan 2A5. Kendaraan ini dilengkapi dengan unit daya tambahan, yang dapat menghidupkan semua sistem ketika mesin utama mati.

Varian

Selain tank utama 2A6, leopard memiliki beberapa  jenis sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Leopard 2A6E memiliki proteksi lapis baja yang lebih besar. Ini bersama-sama dikembangkan oleh Jerman dan Spanyol. Varian ini digunakan Angkatan Darat Spanyol;

Leopard 2 HEL adalah varian dari 2A6EX lisensi diproduksi di Yunani. Tentara Yunani memesan 170 dari tank tempur utama.

Leopard 2A6M fitur perlindungan tambahan terhadap ranjau darat dan memiliki sejumlah perangkat tambahan, yaitu perlindungan dari musuh ditingkatkan. Varian ini digunakan Angkatan Darat Kanada;

Leopard 2A7 paket upgrade untuk MBTS yang ada, yang meliputi pelindung baja tambahan, kamera tambahan untuk jarak dekat sebagai pengawas, peralatan kontrol dan beberapa perbaikan lainnya.

Bundeswehr berencana untuk meng-upgrade sekitar 150 tank standar ke tank Leopard 2A7.

No comments:

Post a Comment