Tuesday, March 27, 2012

PLUS MINUS JELANG PEREMPAT FINAL ANTARA BENFICA DAN CHELSEA

Benfica vs Chelsea
Pertandingan antara Benfica dan Chelsea akan menjadi pertandingan pembuka untuk babak perempatfinal Liga Champions UEFA musim ini. Wakil dari Portugal ini, Benfica, akan menjamu Chelsea terlebih dahulu. Liga Eropa musim ini, tiga kali wakil Portugal bertemu dengan wakil Inggris di kompetisi Eropa dan wakil Portugal unggul dua kali

Pertemuan pertama adalah saat Benfica bertemu dengan Manchester United di fase grup hingga akhirnya membuat Manchester United tersingkir dari ajang Liga Champions. Pertemuan yang kedua yaitu pertemuan antara Porto dan Manchester City di fase, kali ini tim Inggris, Manchester City, unggul atas tim Portugal dengan agregat 6-2 namun keduanya tersingkir dari Liga Champions. Pertemuan yang ketiga terjadi di Liga UEFA di babak 16 besar yang mempertemukan Manchester City dan Sporting Lisbon. Pada pertemuan kali ini, tim Inggris harus mengakui kehebatan tim Portugal hingga Manchester City tersingkir dalam kompitisi ini. Apakah dipertemuan keempat kali ini wakil Inggris akan tersingkir lagi atau malah sebaliknya.

Melihat fakta-fakta musim ini dimana Benfica tidak terlalu beruntung apabila maen di kandang, begitu juga dengan Chelsea yang tidak terlalu bagus dalam beberapa pertandingan terakhirnya.

Berikut beberapa catatan untuk pertandingan leg I babak perempatfinal antara Benfica melawan Chelsea nanti malam atau Rabu (28/3/2012) dinihari WIB di Estadio da Luz, Lisbon.

  • Benfica selalu kalah dari tiga penampilan kandangnya di babak perempatfinal melawan tim-tim Inggris. Mereka ditekuk Manchester United 1-5 di tahun 1968, serta dua kali dikalahkan Liverpool di tahun 1978 (1-2) dan 1984 (1-4).
  • Benfica tak terkalahkan dalam 10 laga terakhirnya di kompetisi Eropa, bahkan memenangi delapan di antaranya. Meski demikian, dari lima laga kandang terakhirnya di Estadio da Luz, mereka cuma menang dua kali.
  • Benfica tidak pernah lagi mencapai babak semifinal di Liga Champions sejak 1990. Bahkan di musim itu, mereka berhasil melaju ke babak final namun kalah 0-1 dari AC Milan.
  • Dari enam pertandingan terakhirnya melawan klub-klub Portugal di Liga Champions, Chelsea menang empat kali, seri dua kali, dan kalah satu kali. Dua musim lalu mereka menang 1-0 atas FC Porto di fase grup, kandang maupun tandang.
  • Chelsea sudah lima kali mencapai babak semifinal dalam delapan musim terakhir. Namun mereka cuma sekali menembus final dan gagal pula menjadi juara.
  • Chelsea tak pernah menang dalam lima laga tandang di Liga Champions, bahkan kalah empat kali dari 7 laga tandang terakhirnya di kompetisi ini.
  • Didier Drogba telah mencetak lima gol dalam lima penampilan terakhirnya di Liga Champions.

No comments:

Post a Comment