Monday, November 28, 2011

HUBUNGAN KESEHATAN dengan FREKUENSI GELOMBANG OTAK

Bayi yang sehat sampai umur 5 tahun umumnya mempunyai gelombang otak dengan frekuensi 1 Hz yang disebut sebagai gelombang Delta. Tetapi dengan bertambahnya usia anak, gelombang delta ini menurun. Frekuensi gelombang otak cenderung meningkat dari Delta menjadi gelombang Tetha, Alpha, dan Beta.

  • Gelombang Delta mempunyai frekuensi 1 ~ 4 Hz, dan ditemui pada bayi dan anak di bawah umur 5 tahun.
  • Gelombang Tetha mempunyai frekuensi 4 ~ 7 Hz, dan terjadi pada saat mengantuk dan tidur biasa yang bukan tidur nyenyak.
  • Gelombang Alpha mempunyai frekuensi 8 – 12 Hz dan terjadi dalam segala kondisi dan aktivitas, baik cemas maupun santai.
  • Gelombang Beta mempunyai frekuensi 12 – 19 Hz ke atas, dan terjadi dalam kondisi sadar, aktif, sibuk, dan cemas. Selain itu juga bisa disebabkan oleh efek hipnotis dan efek obat-obatan.

Dari penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa ketika masih bayi, frekuensi otaknya masih rendah dan berkisar sekitar 1 Hz. Tetapi dengan bertambahnya usia, otak cenderung menjadi semakin aktif dan tidak tenang, sehingga frekuensi gelombang otak juga menjadi semakin tinggi. Hal ini membuat kesehatan menjadi menurun. Secara umum, kita dapat melihat bahwa bayi dan anak-anak umumnya lebih sehat dari orang dewasa.

Orang yang berada di lingkungan yang tenang, akan mempunyai frekuensi gelombang otak, pikiran, dan tubuh yang rendah, yaitu 1 Hz ke bawah. Sebaliknya, orang kota dan orang sibuk akan mempunyai frekuensi yang lebih tinggi dari 1 Hz.

Kehidupan di pegunungan dan di desa yang tenang membuat kehidupan orang lebih santai, tenang, dan lebih sehat. Sebaliknya, kehidupan di kota yang sibuk dan penuh polusi membuat orang lebih mudah stres dan jatuh sakit.

Keheningan dalam meditasi atau berdzikir membuat frekuensi gelombang otak dan tubuh akan bertambah rendah, menjadi 1 Hz hingga 1/5 Hz, 1/6 Hz , dan 1/7 Hz, tergantung pada tingkat keheningannya.

Pernafasan sehat juga akan membantu menurunkan frekuensi pikiran dan otak menjadi 1/2 Hz hingga 1/5 Hz, tergantung pada pola yang kita pilih. Pola 5-5-5 akan menghasilkan frekuensi 1/2 Hz, dan pola 20-20-20 akan menghasilkan frekuensi 1/5 Hz.

Pentingnya Frekuensi Gelombang 1 Hz :Kesimpulannya, semakin rendah frekuensi gelombang, pikiran dan otak akan menjadi semakin tenang dan santai. Frekuensi 1 Hz menjadi batas antara sehat dan tidak sehat, antara stres dan tidak stres. Dengan pikiran dan otak yang santai, kita menjadi lebih sehat, daya tahan tubuh akan meningkat, dan penyakit akan menjauh.


No comments:

Post a Comment