Monday, November 28, 2011

TIPS AMAN BERMAIN FACEBOOK

Di internet sebenarnya hampir tidak ada yang aman, tapi paling tidak kita bisa meminimalisir.
Berikut tips-tips agar aman saat kita mengakses facebook :
  1. Kalau masuk facebook lewat http secure, caranya ketik https://www.facebook.com bukanhttp://www.facebook.com, character s mewakili secure server dengan digital signature, biasanya saat kali pertama menggunakan https ini ada pernyataan konfirmasi yang harus di accept.
  2. Selalu gunakan password yang berbeda dengan password email yang didaftarkan untuk menjadi anggota facebook, dan bila perlu daftarkan nomor telephone atau hp yang bisa kita gunakan nantinya untuk merequest balik/recover password kita jika situasi darurat ketika facebook atau email kita diambil alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
  3. Jangan tampilkan alamat email dan nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar di facebook, caranya set pada bagian privacy.
  4. Kalau bisa kurangi menggunakan akses gratis di hotspot airport atau tempat umum lainnya, karena pada akses publik ini apalagi yang gratis, banyak yang jahil dan usil melakukan teknik capture bit fragmentation dari jaringan wireless gratis dan kemudian setelah mendapatkan capture mereka melakukan bute force attack untuk mendapatkan alogaritma yang kemudian mereka ubah menjadi tampilan password.
  5. Kalau tidak terpaksa sebaiknya jangan membuka email dan facebook di warnet, kalaupun sudah membuka sebaiknya segera mengganti password email dan facebook tersebut melalui akses internet yang lebih aman, misalnya melalui hp ataupun akses di rumah dengan modem maupun jaringan speedy milik sendiri. Karena di warnet kadang karena banyaknya pemakai menjadi mudah penyebaran trojan/ semacam virus jaringan yang kadang selain memperlambat jaringan internet juga melakukan aksi spy/mencuri data-data user dan password secara acak, juga kadang bahayanya di warnet adalah adanya keyloger/penyalin/capture ketikan keyboard yang disebarkan melalui virus atau sengaja dipasang oleh pemilik warnet atau juga orang yang gila.
  6. Secara teratur mengupdate anti virus terbaru agar kemampuannya mendeteksi data varian virus yang baru menjadi semakin handal. Sebagai saran gunakanlah anti virus yang sudah trademark dan baik seperti Mac Affe, Northon, Kaspersky, jangan pernah berharap dengan anti virus lokal, karena beberapa pengujian yang pernah dilakukan, beberapa antivirus lokal ini memang benar membantu menghapus virus dan registry yang rusak tetapi jangan lupa mereka seperti time bom, karena suatu saat yang sudah ditentukan mereka akan melakukan pemanggilan repository data virus mereka dan memanggil teman-teman virusnya yang lain (saat komputer dalam kondisi terkoneksi internet), sehingga ternak virus di system hard disk anda semakin merajalela.
  7. Jangan sembarangan memberikan akses colok flashdisk tanpa dukungan antivirus yang baik pada komputer anda.
  8. Jika mau bebas virus gunakan produk Operating System yang bebasa virus seperti Mac Os, Os2, atau lebih baik lagi gunakan Operating Syatem keluaran Open Source seperti Linux, dan model yang hampir sama dengan Windows bisa anda pakai Distro Ubuntu Linux, atau Distro Suse Novell, dijamin tidak akan ada lagi virus yang mengganggu komputer anda.


No comments:

Post a Comment